Apa Itu Konservasi

Posted: 8 Januari 2011 in Konservasi

Konservasi itu sendiri merupakan berasal dari kata Conservation yangterdiri atas kata con (together) dan servare (keep/save) yang memilikipengertian mengenai upaya memelihara apa yang kita punya (keep/savewhat you have), namun secara bijaksana (wise use). Ide ini dikemukakanoleh Theodore Roosevelt (1902) yang merupakan orang Amerika pertamayang mengemukakan tentang konsep konservasi.

Sedangkan menurutRijksen (1981), konservasi merupakan suatu bentuk evolusi kulturaldimana pada saat dulu, upaya konservasi lebih buruk daripada saatsekarang. Konservasi juga dapat dipandang dari segi ekonomi dan ekologidimana konservasi dari segi ekonomi berarti mencoba mengalokasikansumberdaya alam untuk sekarang, sedangkan dari segi ekologi, konservasimerupakan alokasi sumberdaya alam untuk sekarang dan masa yang akandatang.

Apabila merujuk pada pengertiannya, konservasi didefinisikan dalam beberapa batasan, sebagai berikut :

1. Konservasi adalah menggunakan sumberdaya alam untuk memenuhikeperluan manusia dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lama(American Dictionary).

2. Konservasi adalah alokasi sumberdaya alam antar waktu (generasi) yang optimal secara sosial (Randall, 1982).

3. Konservasi merupakan manajemen udara, air, tanah, mineral keorganisme hidup termasuk manusia sehingga dapat dicapai kualitaskehidupan manusia yang meningkat termasuk dalam kegiatan manajemenadalah survai, penelitian, administrasi, preservasi, pendidikan,pemanfaatan dan latihan (IUCN, 196cool.

4. Konservasi adalahmanajemen penggunaan biosfer oleh manusia sehingga dapat memberikanatau memenuhi keuntungan yang besar dan dapat diperbaharui untukgenerasi-generasi yang akan datang (WCS, 1980).

konservasi didefinisikan dalam beberapa batasan, sebagai berikut :

  1. Konservasi adalah menggunakan sumberdaya alam untuk memenuhi keperluan manusia dalam jumlah yang besar dalam waktu yang lama (American Dictionary).
  2. Konservasi adalah alokasi sumberdaya alam antar waktu (generasi) yang optimal secara sosial (Randall, 1982).
  3. Konservasi merupakan manajemen udara, air, tanah, mineral ke organisme hidup termasuk manusia sehingga dapat dicapai kualitas kehidupan manusia yang meningkat termasuk dalam kegiatan manajemen adalah survai, penelitian, administrasi, preservasi, pendidikan, pemanfaatan dan latihan (IUCN, 1968).
  4. Konservasi adalah manajemen penggunaan biosfer oleh manusia sehingga dapat memberikan atau memenuhi keuntungan yang besar dan dapat diperbaharui untuk generasi-generasi yang akan datang (WCS, 1980).

Rekapitulasi Kawasan Konservasi Di Indonesia

http://www.dephut.go.id/informasi/PHPA/rekap_konservasi.html

 

Wahana Pecinta Lingkungan Hidup  ( Walhi )

http://www.walhi.or.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s